Contoh Dongeng Pendek : Bayangan Di Cermin

Contoh Dongeng Pendek : Bayangan Di Cermin
Contoh Dongeng Pendek : Bayangan Di Cermin
Contoh Dongeng Pendek : Bayangan Di Cermin - Dongeng merupakan salah satu karya sastra yang sudah cukup lama di kenal oleh manusia, lalu apakah dongeng itu? Deongen adalah sebuah cerita rekaan yang sama dengan cerpen atau novel. lah, apa bedanya dong? Bedanya di Dongen cerita yang dikisahkan adalah hal-hal yang tak masuk akal, atau tak mungkin terjadi, Misalnya, Orang menjadi binatang, Orang dikutik jadi batu, Binatang dapat berbicara, dan sebagainya.

Dongeng termasuk kedalam karya sastra Prosa, Prosa ialah karya sastra yang berbentuk cerita yang bebas, tidak terikat oleh rima, irama, dan kemerdua bunyi seperti puisi. Dan Dongeng ini juga termasuk kedalam jenis Prosa Fiksi, yaitu prosa yang berupa cerita rekaan atau khayalan pengarangnya, isi cerita tidak sepenuhnya berdasarkan pada fakta, Prosa fiksi juga disebut karangan narasi sugestif atau imajinatif.

Berikut ini merupakan Sebuah Contoh Dongen Pendek Dengan Judul Bayangan Di Cermin :

BAYANGAN DI CERMIN

Disebuha pulai terpencil, jauh ditegah lautan, tinggalah sepasang suami istri dengan rukun dan damai, tidak pernah mengalami persegketaan. Namun pada suatu senja, ketika sang suami kembali dari laut, ia menemukan sepotong cermin terletak di pantai. Diambilnya cermin itu, dan alangkah heran hatinya melihat bayangan manusia di dalamnya. Inilah agaknya ayahku yang meninggal beberapa bulan lalu, pikirnya.

Cepat cepat dia pulang kerumah. Cermin itu dibungkusnya lalu disimpan dibawah bantal. Hal ini tidaklah diceritakan kepada istrinya.

Keesokan harinya, ketika istrinya membersihkan tempat tidur, dia menemukan bungkusan itu. Alangkah kaget dia seteleh membukanya, dan menemukan seorang wanita didalah benda yang dungkus dengan rapi itu.

Suamiku sudah berkianat, pikirnya. Dulu dia berjanji akan setia sampai mati. Rupanya ketika ke laut dia mengammbil kesempatan untuk mencari wanita lain.

Ketika suaminya pulang dari laut senja hari, dia tidak menyambutnya dengan senyum seperti biasanya, tetapi dengan omelan "Dulu kamu mengatakan sayalah satu-satunya wanita didalam hidupmu. Kamu berjanji setia sampai mati, tetapi kamu sekarang punya wanita simpanan". tudunya.

Suaminya kaget. Dia tidak mengerti apa maksud istrinya. "Lha, ada apa ini? mengapa kamu bilang saya punya simpanan?" tanyaya.

"Ini! Lihatlah!" teriak sang istri menyerahkan cermin kepada suaminya.
Sanga suami melihat kedalam cermin. kemudian berkata, "Lihat baik-baik, ini banyangan mendiang ayahku."
"Ayahmu?" teriak sang istri sambil merebut kembali cermin itu. Dia kembali melihat kedalamnya, dan kembali terlihat bayangan wanita.
"Bohong! ini wanita! teriaknya.
Dengan sabar sang suami datang mendekat, sambil berkata, "Mari kitalihat bersama, dan kita buktikan bayangan siapa yang ada di dalam benda ajaib itu."

Namun, alangkah bertambah kegetnya mereka ketika melihat sekarang ada dua bayangan didalam cermin itu, seorang laki-laki dan seorang wanita. Dalam kekagetan dan kebinngungan itu, tiba-tiba cermin itu terlepas dari tangan dan jatuh, allu pecah berderai. Sekarang tidak ada lagi bayangan laki-laki dan wanita. Merekapun tidak bertengkar lagi.

(Diceritakan kembali oleh Letmiros "Menulis secara Populer" Oleh Ismail Muraimin, 2001)


Demikian Contoh Dongeng Pendek, semoga menjadi referensi anda untuk menceritakan sebuah dongeng.


Advertisement