Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi

Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi
Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi
Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi
Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi - Memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Menurut pemakaiannya, memo ada yang bersifat resmi dan bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo bersifat pribadi dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar temansaudara, atau orang lain yang memiliki hubungan akrab. (wikipedia)

Ketika ada teman kita yang tidak dapat jhadir dalam rapat OSIS, tentunya kalian sebagai temandekatnya pernah dititipi pesan hasil rapat untuk disampaikan kepadanya. Nah pesan yang kalian sampaikan terkadang kalian tulis dulu pokok-pokoknya agar tidak lupa.

Dalam menulis pesan memang harus menggunakan kata-kata yang singkat, jelas dan bermakna. pesan singkat inilah yang disebut memo yaitu surat singkat yangdigunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Pesan singkat bila kita tidak dapat bertemu langsung. Sedangkan kida dalam keadaan tergesa-gesa dan mendesak.

Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi

  1. Memo Tidak Resmi
Situasi : Kamu datang kerumah Dita untuk memberitahukan kalau nanoti sore les libur. Kamu sudah menghubungi hpnya namun tidak aktif, sedangkan irumah tidak ada siapa-siapa, kebetulan di dekat pintu masuk ruang tamu ada buku memo. Maka kamu akan menulis memo tersebut disana.

Berikut adalah Contohnya :
"Dita, nanti sore les libur, karena Bu Linda sakit. Jadi kamu tidak usah menjemput aku. Dari Nana."

   2. Memo Resmi


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karawang
SMKN 1 Karawang
Jl. Pangkal Perjuangan (By Pass), Karawang
-----------------------------------------------------------------------------------

MEMO

Kepada : Wakil kepala sekolah kesiswaan
Dari      : Kepala Sekolah
Perihal  : Lomba siswa teladan

  Pak tolong siswa yang ikut lomba siswa teladan segera diberikan pengarahan dan pembinaan. Saya mendadak ada rapat dinas.

Karawang, 10 Mei 2015

Teguh Gunawan, S. Kom


Demikianlah Contoh Memo Resmi dan Memo Tidak Resmi, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk membuat memo !
Advertisement