Contoh Surat Permohonan Sidang Skripsi

Contoh Surat Permohonan Sidang Skripsi
Contoh Surat Permohonan Sidang Skripsi
Contoh Surat Permohonan Sidang Skripsi - Untuk mendapatkan gelar S1 Tentunya kita perlu menyelesaikan sebuah karya tulis hasil penelitian atau seing kita sebut sebagai skripsi, tentunya dalam penyusunan skripsi ini tidaklah main-main, karena ini akan menentukan nasib kita kedepan sebagai mahasiswa.

Dalam menyusun sebuah proposal tentunya banyak sekali hal yang perlu kita lakukan, mulai dari mencari topik, menyusun proposal skripsi, menyusun skripsi dan akhirnya surat permohonan sidang skipsi. Sebelum mengajukan  Surat Permohonan Sidang Skripsi sebaiknya anda pelajari dulu nih tips-tips menghadapi sidang skripsi dari BEM FE UNTAR. Cekidot...

1. Kuasai materi presentasi
Ini hal yang paling penting, dengan menguasai materi yang akan di presentasikan setidaknya anda sudah setengah jalan menghadapi sidang. Dari bab awal sampai bab akhir, anda harus paham. Gak perlu dihapal, minimal anda mengerti alur dari bab bab tersebut.

2. Tenang
Namun hal inilah yang biasanya sulit dilakukan. Seperti itu tadi, biasanya si mahasiswa terkena sindrom sidangisme sesaat sebelum presentasi sidang. Tapi jika anda sudah memenuhi poin 1, yaitu menguasai materi presentasi, anda pasti bisa tenang pada waktu presentasi.

3. Gunakan poin untuk bahan presentasi
Usahakan dalam slide presentasi tidak ada kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Buatlah poin-poin penting dari setiap materi presentasi sebagai bahan yang akan dipresentasikan, sehingga anda tidak membaca slide presentasi tapi menjelaskan dari poin-poin tersebut.

4. Perhatikan waktu
Jangan keenakan ngomong terus tanpa ingat waktu. Perhatikan waktu yang diberikan, biasanya diberikan waktu 20-30 menit oleh penguji untuk mempresentasikan laporan anda. Gunakan waktu tersebut seefektif mungkin. Jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama.

5. Kontrol suara
Usahakan suara anda jangan terlalu keras dan juga terlalu pelan. Perhatikan kondisi ruangan, jika ruangan sidang besar, kondisikan suara anda agar terdengar oleh penguji. Begitu juga jika ruangan sidang kecil, pastikan penguji dapat mendengar suara anda dengan jelas.

6. Perhatikan bahasa penyampaian
Dalam penyampaian presentasi, gunakanlah bahasa indonesia dengan ejaan yang sudah disempurnakan. Hindari pemilihan kata-kata diluar EYD, seperti kata-kata gaul yang biasa kita gunakan sehari-hari. Hal ini biasanya mempengaruhi penilaian.

7. Perhatikan penampilan
Usahakan penampilan anda rapih dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dengan ini penguji pun akan merasa nyaman dengan anda.

8. Persiapkan perangkat pendukung
Gak lucu kan kalo di tengah-tengah presentasi laptop kita tiba-tiba mati? Atau infocus gak menampilkan gambar? Sebaiknya persiapkan perangkat pendukung presentasi sebelum anda presentasi. Cek dan ricek dan pastikan semua perangkatnya berjalan sebagaimana mestinya.

9. Pahami gaya setiap penguji
Bertanyalah pada kakak tingkat yang sudah pernah menghadapi sidang. Tanyakan gaya penguji yang akan menjadi penguji anda. Setiap penguji pasti mempunyai gaya tersendiri dalam pemahaman materi dan dalam memberikan pertanyaan. Pastikan anda memahami karakter setiap penguji anda. Hal ini membantu untuk persiapan nanti dalam menjawab pertanyaan penguji.

10. Banyak berdoa
Jangan lupakan hal yang satu ini. Berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadapi sidang. Berusahalah sebaik mungkin dan serahkan semuanya kepada Tuhan.


Bgaiamana? nah sekarang kami akan memberikan contoh surat pengajuan sidang skripsi.



Demikianlah Contoh Surat Pengajuan sidang Skripsi, Semoga bisa bisa mempermudah anda dalam sidang skripsi !
Advertisement