Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban

Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban
Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban
Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci JawabanContoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban - Jika kita kan memasuki dunia kerja, biasanya beberapa perusahaan suka mengadakan yang namanya psikotes. Psikotest merupakan test psikologi, gunanya untuk mengetest kedaan psikologi kita, dan mengethui kepribadian kita seperti apa. Tidak hanya dalm masuk dunia kerja ada psikotes ini, memasuki perguruan tinggi juga biasanya ada, bahkan sekolah favorit biasanya juga mengadakan psikotest.

Secara garis besar Psikotest dibedakan menurut jenis test kepribadian yaitu:

  1. Test kepribadian grafis adalah sebuah test yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya. Test kepribadian grafis meliputi : Test Wartegg, Test DAP (Draw A Person), Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person).
  2. Tes kepribadian kuesioner adalah sebuah tes yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawaban yang dipilihnya terhadap sejumlah pertanyaan yang diajukan (kuesioner). Tes kepribadian kuesioner meliputi : Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes MAPP, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Potensi Sukses.
Adapun beberapa jenis tes psikotest dan tujuannya :


  1. Test Kepribadian Baum (Tree Test), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta tes
  2. Test Kepribadian DAP (Menggambar Orang), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta test.
  3. Test Kepribadian Efektifitas Diri, bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif (cepat&tepat) seseorang itu dalam melaksanakan tugas dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.
  4. Test Kepribadian Enneagram Personality, bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang yang dibagi menjadi 9 jenis tipe, dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  5. Test Kepribadian EPPS, bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu
  6. Tes Kepribadian HTP (House Tree Person), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar rumah, gambar pohon dan gambar orang yang dibuat oleh peserta test.
  7. Test Kepribadian MBTI, bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya dengan menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  8. Test Kepribadian Ketelitian, bertujuan untuk mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian seseorang dalam mengolah data yang berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya.
  9. Test Kepribadian MAPP, bertujuan untuk mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam berbagai hal terutama yang berkaitan erat dengan pekerjaan atau dunia kerja profesional.
  10. Tes Kepribadian Pauli Kraepplin, bertujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek tertentu, yaitu aspek keuletan (daya tahan), aspek kemauan atau kehendak individu, aspek emosi, aspek penyesuaian diri, dan aspek stabilitas diri dengan cara memintanya melakukan penghitungan angka-angka dalam deret yang panjang.
  11. Test Kepribadian Skala Kematangan, bertujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu.
  12. Test Kepribadian Teamwork Test adalah tes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama. 
  13. Tes Kepribadian Kecenderungan Sukses, bertujuan untuk mendeteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi orang sukses berdasarkan faktor-faktor tertentu yang ada pada dirinya.
  14. Tes Kepribadian WARTEGG, bertujuan untuk mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh ses

Dibawah ini merupakan Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban, yang bisa anda jadikan bahan latihan untuk mengikuti psikotest.



Silakan anda download dan dipergunakan dengan baik, semoga Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal (Korelasi Makna) dan Kunci Jawaban bisa membantu anda menuju keuksesan.

Advertisement