Contoh Biografi Sekelebat Riwayat Ramadhan K.H.

Contoh Biografi Sekelebat Riwayat Ramadhan K.H.
Contoh Biografi Sekelebat Riwayat Ramadhan K.H.
Contoh Biografi Sekelebat Riwayat K.H.
Contoh Biografi Sekelebat Riwayat Ramadhan K.H. - Biografi adalah kisah atau riwayat kehidupan seorang tokoh yang di tulis oleh orang lain. Biografi ditulis dengan tujuan salahsatunya untuk memberikan informasi bagi pembaca tentang latar belakang kehidupan seorang tokoh dari sejak kecil hingga mencapai karier dikehidupan kemudian. Jika tokoh itu sendiri yang menulisnya disebut Autobiografi. Biografi termasuk prosa naratif ekspositoris atau prosa faktual yang mengungkapkan fakta-fakta nyata.

Saat ini sudah banyak sekali biografi dari tokoh tokoh, baik itu pahlawan, publik figur ataupun artis. Tokoh-tokoh itu pula saat ini sudah banyak yang menulis Autobiografinya. Mereka menulis Autobiografi kemudian dicetak dalam buku, seperti yng dilakukan oleh salah satu artis jepang favorit saya, dia adalah seorang vokalis dari band legendaris jepang yaitu L'Arc~en~Ciel, dia menulis autobiografinya sendiri dan dicetak dalam buku dengan judul namanya yaitu HYDE.

Nah berikut ini adalah penggalan dari biografi :

SEKELEBAT RIWYAT RAMADHAN K.H.]

Ia suka dipanggil tutun oleh keluarganya, dan disapa atun oleh teman-teman dekatnya. Ia sendiri biasa menulis namanya Ramadhan K.H. semacan kepandekan dari Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung 16 Maret 1927. Ramadhan adalah anak ke 7 dari 10 Bersaudara. Ayahnya Rd. Edjeh Kartahimadja adalah seorang patih pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ramadhan lahir dari pernikahan Rd. Kartahimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.

Masa kecil Ramadhan dilewatkan di Cinjur, sebuah kota yang dipeluk hawa sejuk tanah kelahiran pengarang ternama, Utuy Tatang Sontni (1918 - 1978).

Dunia Ramashan serupa bing lala : Ia mengubah puisi dan mengarang novel serta cerita pendek. Ia pernah bekerja sebagi wartawan, mengasuh ruang kebudayaan, dan hingga kini menjadi penulis lepas, ia menterjemahkan karya-karya sastra mancanegara, dn turut aktif membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dan negeri-negeri asing; ia menyunting sejumlah buku dan pernh turut mengelola lembaga penerbitan; ia pernah ikut aktif dalam pengelolaan organisasi kesenian; iapun belakangan terkenal sebagai penulis biografi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. Tak diragukan lagi, Ramadhan K.H. menduduki tempat terpandang di jajaran penulis Indonesia.

(Dikutip dari buku: Ramadhan K.H Tiga Perempat Abad)

Diatas merupakan contoh biografi dari Ramadhan K.H, semoga bisa membantu anda dalam menulis sebuah biografi, baik itu biografi tokoh yang anda sukai atau Autobigrafi anda sendiri. Terimakasih.
Advertisement