Contoh Proposal Bakti Sosial

Contoh Proposal Bakti Sosial
Contoh Proposal Bakti Sosial
Contoh Proposal Bakti Sosial
Contoh Proposal Bakti Sosial - Acara bakti sosial merupakan acara yang selalu diadakan oleh berbagai komunitas, mereka biasanya melakukan penggalangan dana untuk bakti sosial ini. 

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita.Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong,rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.

Tujuan Baksos

  •  Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai sarana aktualisasi diri mahasiswa untuk membantu sesama.

Sebagai sesama umat Tuhan YME seharusnya kita saling membantu dengan sesama.Jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkan.Disamping itu semua kita bisa menggali rasa peduli kita dengan sesama.

  •  Memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan.
Dengan kita memberikan bakti sosial berupa ilmu atau pun wawasan yang penting bagi kehidupan sehari – hari (misalnya pengetahuan mengenai aids) maka itu bisa memberikan ilmu / suatu yang penting bagi mereka.Dan itu mengupgrade wawasan pengetahuan mereka.Dengan begitu mereka akan sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.
  • Mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa dengan masyarakat.

Dengan kita berinteraksi dengan masyarakat (misal nya dalam kegiatan bakti sosial ) maka kita bisa saling kenal dan lebih akrab dengan mereka.Sehingga bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat.Kita secara tidak langsung sebanrnya membutuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat karena kita hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan kita pasti membutuhkan pertolongan mereka sewaktu – waktu.

Bentuk Kegiatan Baksos

Bagi kita semua, pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata “baksos” atau yang merupakan kependekan dari “bakti sosial”. Bakti sosial merupakan suatu bentuk kepedulian kepada pihak sosial atau dalam hal ini adalah masyarakat terutama golongan yang berhak untuk menerimanya. Kegiatan bakti sosial bisa dalam bentuk pemberian bantuan seperti sembilan bahan pokok, donor darah dan pengobatan gratis dan sebagai mahasiswa tentu kita semua tahu tentang tridharma mahasiswa yang salah satunya merupakan pengabdian masyarakat. Bagi mahasiswa IT Telkom sendiri, ada beberapa kegiatan yang merupakan bukti bakti sosial kepada masyarakat yang diantaranya adalah
  • Kegiatan bersih-bersih lingkungan masyarakat disekitar kampus pada saat PDKT
  •  Kegiatan Industrial Rose (Ramadhan On Street) HMTI Sahur On The Road yang merupakan acara pada bulan puasa dimana mahasiswa, terutama HMTI, mengadakan acara sahur di jalan yang sekaligus membagikan makanan untuk         sahur kepada masyarakat.
  • Kegiatan Industrial Rose HMTI Buka Puasa Bersama yang merupakan acara pada bulan puasa dimana mahasiswa, terutama pengurus HMTI dan mahasiswa tahun pertama buka puasa bersama dengan anak yatim
  • Salah satu acara SHAKTI 2008 yang mengumpulkan buku dan alat tulis dari peserta dan kemudian menyalurkannya kepada masyarakat, terutama untuk sekolah-sekolah dasar di sekitar IT Telkom
  • Acara IAA yang memberikan penelusuran mengenai Aids.

Manfaat Baksos

1. Untuk Masyarakat
  • Sebagai subyek, masyarakat diharapkan memiliki kemampuan mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan di desanya secara mandiri.
  • Sebagai obyek, masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan,kebersihan dan  pendidikan.
2. Untuk Mahasiswa
  • Sebagai subyek, mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung.
  • Sebagai obyek, bakti sosial adalah sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi mahasiswa dengan terjun langsung ke masyarakat

Pelaku Baksos

Mereka-mereka yang merasa peduli dan mampu untuk melakukan bakti sosial adalah subjek yang menjadi pelaku baksos.Karena tidak semua orang mau untuk melakukan bakti sosial dengan berbagai alasan maka kita seharusnya bisa menumbuhkan rasa mau melakukan bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat.Untuk menumbuhkan rasa itu kepada mahasiswa tidak lah mudah , dibutuhkan suatu kemauan dasar dari diri mahaiswa itu sendiri disamping adanya factor pendukung dari lingkungan untuk mengajaknya bergabung dalam kegiatan bakti sosial tersebut.

Pendapat Masyarakat terhadap Baksos yang dilakukan Mahasiswa

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa bakti sosial yang dilakukan oleh mahasiswa sangatlah bermanfaat bagi mereka untuk menjalani kehidupan sehari – hari.Contohnya:baksos mengenai penulusuran tentang Aids .Dengan pengetahuan mengenai Aids maka masyarakat dapat mengantisipasi hal – hal yang menyebabkan penyakit mematikan tersebut

Berikut ini adalah Contoh Proposal Bakti Sosial.

PROPOSAL
BAKTI SOSIAL SMAN 2 LUMAJANG


Bakti sosial – diselenggarakan dalam rangka
Memperingati HUT SMAN 2 Lumajang
ke-36 Tahun 2013




R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax: (0334) 881036 Lumajang – 67311
Tahun 2013



R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax (0334) 881036 Lumajang – 67311
http://www.sman2-lmj.sch.id/ e-mail: info@sman2-lmj.sch.id.


  1. LATAR BELAKANG
Kualitas generasi muda kita merupakan cerminan masa depan bangsa. Berawal dari kepedulian terhadap negeri yang membutuhkan para penerus generasi baru yang gigih meraih mimpi, ketidakmampuan mengikuti sekolah merupakan hambatan yang sangat berarti. Masih banyak sekolah-sekolah di desa yang berdiri sederhana tanpa adanya fasilitas yang memadai karena berstatus satu atap, atau digunakan bersama untuk melaksanakan pendidikan setingkat SD dan SMP karena siswa tidak dipungut biaya. Padahal para generasi muda ini juga memiliki hak untuk memperoleh fasilitas
Berdasarkan hal tersebut, timbullah keinginan siswa-siswi SMAN 2 Lumajang untuk membantu generasi muda kita yang kurang beruntung dalam hal pendidikan juga membantu pihak sekolah yang kurang maksimal melaksanakan pendidikan. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian warga sekolah dalam berperan memajukan potensi positif pada dirir generasi muda sebagai bekal menjadikan kepemimpinan masa depan yang lebih baik lagi dengan membantu keperluan sekolah sehari-hari.


  1. MAKSUD DAN TUJUAN
    1. Maksud
Kegiatan bakti sosial ini dimaksudkan sebagai upaya mewujudkan kepedulian warga SMAN 2 Lumajang untuk membentuk karakter siswa yang pedul sosial. Selain itu, bakti sosial dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara dalam memeriahkan peringatan HUT SMA Negeri 2 Lumajang ke-36.


    1. Tujuan

Sebagaimana uraian yang telah disebutkan di atas, kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dengan tujuan:
  1. memberikan pembelajaran sosial yang dapat membentuk karakter warga SMAN 2 Lumajang yang peduli sesama
  2. memberikan wawasan kepada warga SMAN 2 Lumajang sebagai anggota masyarakat bangsa agar dapat melakukan tindakan nyata sebagai cermin sikap peduli
  3. meningkatkan semangat siswa untuk terus belajar dan berprestasi meski memiliki keterbatasan sarana belajar
  4. menumbuhkan kebersamaan dalam mencapai tujuan bangsa.


  1. TEMA
Tema : “Mengejar mimpi dan meraih prestasi untuk bakti pada negeri dengan saling
  berbagi”


  1. SASARAN
Sasaran kegiatan bakti sosial ini adalah siswa-siswi dan sarana pembelajaran Sekolah Satu Atap Desa Tumpeng Kecamatan Tempeh – Lumajang.


  1. TEMPAT dan WAKTU PELAKSANAAN ACARA
    1. Tempat
Kegiatan bakti sosial diselenggarakan di Sekolah Satu Atap Desa Tumpeng Kecamatan Tempeh - Lumajang.


    1. Waktu
hari, tanggal : Sabtu, 9 Februari 2013
waktu : 09.00 WIB – selesai


  1. ACARA
Kegiatan bakti sosial ini merupakan kegiatan yang ditujukan kepada generasi muda yang kurang beruntung, salah satunya adalah siswa Sekolah Satu Atap di Desa Tumpeng, Tempeh, yang memiliki keterbatasan ekonomi. Sekolah ini sendiri juga memiliki keterbatasan sarana, antara lain penggunaan ruang kelas bergantian bagi jenjang SD dan SMP, dengan masing-masing tingkat di SD dan SMP hanya memiliki satu kelas. Dalam kegiatan ini terdiri atas dua agenda pokok :
  1. Motivation Building
Motivation building merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun mental dan memotivasi siswa agar bisa lebih maju dan tetap memiliki cita-cita untuk dapat dicapai meskipun sarana pendukung pembelajaran terbatas.
  1. Pelaksanaan bakti sosial
Bakti sosial yang dilaksanakan adalah memberikan bantuan kepada sekolah berupa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) dan juga bantuan kepada siswa berupa peralatan sekolah.
Adapun jadwal kegiatan selengkapnya sebagaimana terlampir.


  1. ANGGARAN DANA
Dana untuk penyelenggaraan kegiatan ini didapat dari sumbangan sukarela dari seluruh kelas X, XI, dan XII, ditambah kas OSIS, dan bantuan dana dari sekolah. Selain berupa dana, warga sekolah juga menyumbangkan buku-buku pelajaran dan seragam sekolah tingkat SD dan SMP yang sudah tidak terpakai namun masih layak pakai. Adapun rincian anggaran dana selengkapnya sebagaimana terlampir.


  1. KEPANITIAAN
Untuk memperlancar kegiatan ini, dibentuk kepanitiaan yang terdiri dari panitia HUT SMA Negeri 2 Lumajang ke-36 sie bakti sosial. Adapun susunan kepanitiaan sebagaimana terlampir.


  1. LAIN-LAIN
Hal-hal yang belum tercantum berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan bakti sosial dalam proposal ini akan disampaikan kemudian, demikian pula bila ada perubahaan atau penyempurnaan.
Untuk itu, dimohon dukungan dari pihak pembimbing baik berupa moral maupun material demi kelancaran kegiatan ini. Semoga perbuatan kita diterima oleh-Nya sebagai amal baik. Amin.


Disetujui di Lumajang,
1 Desember 2012



Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang
Ketua,





RYAN MEGA KIRANA F.N.H.S.
NIS. 0118893


Bakti Sosial SMAN 2 Lumajang
Ketua,





HARIYADI
NIS. 0108543


R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang
Kepala,





Drs. SUROSO, M.Pd.
NIP.19591214 198503 1 013


R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang
Wakasek Kesiswaan,





ZAINAL  ARIFIN, S.Pd.
NIP.19600814 198803 1 012
R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax (0334) 881036 Lumajang – 67311
http://www.sman2-lmj.sch.id/ e-mail: info@sman2-lmj.sch.id.

LAMPIRAN – LAMPIRAN
R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax (0334) 881036 Lumajang – 67311
http://www.sman2-lmj.sch.id/ e-mail: info@sman2-lmj.sch.id.


Lampiran I


JADWAL KEGIATAN
Bakti Sosial


Hari, tanggal
Pukul
Kegiatan
Penanggung Jawab
Sabtu, 9 Februari 2013
09.00 – 09.30
Pembukaan dan ramah tamah
M. Khoironi Ishaq
09.30 – 10.00
Games
Endah P. Tyas
10.00 – 10.45
Motivation building
Iswi Haniffah C.
10.45 – 11.15
Pembagian bantuan
Ahmad Asaduddin M.
11.15 – 11.30
Penutupan
Umi Faristin


R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax (0334) 881036 Lumajang – 67311
http://www.sman2-lmj.sch.id/ e-mail: info@sman2-lmj.sch.id.


Lampiran II


PANITIA
Bakti Sosial


Penasehat
:
Drs. Suroso, M.Pd.
Penanggung Jawab
:
Ryan Mega Kirana F.N.H.S


Rizqy Kurnia Ramadhana
Ketua Pelaksana
:
Hariyadi
Sekretaris
:
M. Khoironi Ishaq
Bendahara
:
Umi Faristin
Bidang-bidang
:

  1. Acara
:
Iswi Haniffah Cahyaningtyas (co)


Nurfarica Faradena


Maya Septin Fadillah


Astri Dewi Pujiati
  1. Penggalangan Dana
:
Nurul Laily Nugraheni (co)


Endah Purwaning Tyas


Filda Veronika


Nikodemus Doni W.
  1. Humas
:
Najwa Aziz (co)


Sabrina Talitha Sari


Hamdyah Candra Laila


Nidda Ilmiah
  1. Perlengkapan
:
Fatchur Rachman (co)


Nurdi Harto Putra Ardiansyah


Ahmad Asaduddin Mutahajjid


M. Mas Agung Nusantara
  1. Konsumsi
:
Suhufil Ulla (co)


Rita Yulia


Siti Khurotul A’yu
  1. Dokumentasi
:
Lestari Puteri Utami (co)


Andini Oktarani Tria Rahma


Febrica Melandia
R-SMA-BI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan H.O.S. Cokroaminoto 159 Telepon/Fax (0334) 881036 Lumajang – 67311
http://www.sman2-lmj.sch.id/ e-mail: info@sman2-lmj.sch.id.


Lampiran III


ANGGARAN DANA
Bakti Sosial

Advertisement