Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa

Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa
Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa
Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa
Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa - Besarnya dana desa yang dikeluarkan pemerintah memungkinkan dilakukannya banyak dilakukannya pembangunan di desa secara langsung. baik itu untuk membangun selokan, lapangan, mushola, jembatan dan yang lainnya. Tapi untuk dilakukannya pembangunan itu perlulah dibuatkan sebuah proposal pembangunan. salah satunya ini adalah proposal pembangunan jembatan desa.


Jembatan merupakan salah satu sarana yang sangat penting di masyarakat, terlebih jika desa tersebut dipisahkan oleh sungai, jembatan bisa menjadi penghubung perekonomian dan mobilitas warga. Dengan dibangunnya jembatan tentu akan ada banyak manfaat yang di dapatkan. Tetapi itu semua harus sudah tertuang dalam sebuah Proposal Pembangunan Jembatan Desa harus yang didalamnya berisi latar belakang sampai rincian pembiayaan.


Berikut adalah contohnya.




 PROPOSAL


PEMBANGUNAN JEMBATAN
DESA SRIKATON KECAMATAN KAYEN
KABUPATEN PATI

 















LOKASI :
1.    DESA KAYEN, KECAMTAN KAYEN



Nomor       :
Lampiran   : 1 (satu) berkas proposal
Perihal       : Proposal Pembangunan Jembatan

                  Kepada Yth,
Bapak Gubernur Jawa Tengah
Di
      TEMPAT

Dengan Hormat,
      Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua.
Dalam rangka memantapkan kestabilan sarana perhubungan lalu-lintas angkutan darat yang sangat penting artinya bagi pembangunan Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati khususnya dan nasional umumnya, sebagai perwujudan nyata terhadap pelayanan jasa distribusi yang meliputi jasa angkutan dan jasa perdagangan dan pergerakan dari manusianya sendiri juga sebagai sarana yang menghubungkan dengan daerah lain yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, oleh karena itu system jaringan jalan dan jembatan yang merupakan hal yang utama untuk dijaga kemampuan daya layannya
Melalui kesempatan ini, kami bermaksud mengajukan Permohonan Perbaikan / Pemeliharaan Jalan di desa kami, karena dalam hal ini kita tidak terlepas dari dukungan pemerintah sesuai dengan harapan seluruh warga masyarakat kami.
Demikian permohonan yang kami sampaikan dan sebagai bahan pertimbangan, bersama proposal ini kami lampirkan gambar sketsa ruas jalan dan foto kondisi jalan. Semoga proposal tersebut dapat diterima dan sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih.

  Pati, 7 Februari  2010

Kepala Desa Srikaton



ALI SASMITO

Mengetahui :

Camat Kayen



SUDIHARJO, S.Sos
NIP. 19570317 1985 1 009

Camat Sukolilo



Drs. SUKISMANTO
NIP. 19581110 197811 1 001




Tembusan kepada Yth :
1.      Ketua DPRD Propinsi Jawa Tengah
2.      Kepala Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Tengah
3.      Bupati Kabupaten Pati
4.      Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten pati
5.      Arsip



I. DASAR PEMIKIRAN
Dalam rangka memantapkan kestabilan sarana perhubungan lalu-lintas angkutan darat yang sangat penting artinya bagi pembangunan Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati khususnya dan nasional umumnya, sebagai perwujudan nyata terhadap pelayanan jasa distribusi yang meliputi jasa angkutan dan jasa perdagangan dan pergerakan dari manusianya sendiri juga sebagai sarana yang menghubungkan dengan daerah lain yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, oleh karena itu system jaringan jalan dan jembatan yang merupakan hal yang utama untuk dijaga kemampuan daya layannya.
Jembatan yang merupakan bagian dari jalan sangat diperlukan dalam system jaringan transportasi darat yang akan menunjang lancarnya roda perekonomian Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati di masa yang akan datang. Oleh sebab itu perencanaan, pembangunan dan rehabilitasi perlu diperhatikan seefektif dan seefisien mungkin, sehingga pembangunan jembatan dapat mencapai sasaran umur jembatan yang direncanakan.
Pembangunan ataupun rehabilitasi jembatan di Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati sangatlah penting artinya, mengingat letak geografis Desa itu sendiri hanya bisa dihubungkan dengan desa lainnya melalui keberadaan jembatan sebagai salah satu sarana penunjang yang sangat pital untuk perputaran ekonomi dan sebagai alur lalu lintas transportasi darat.
Kebijaksanaan pembangunan di bidang jembatan tersebut pada saat ini merupakan pilihan yang tepat mengingat akan kebutuhan pembangunan jembatan yang komprehensif, sangat mendesak agar dapat menghubungkan bagian-bagian daerah pedesaan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati umumnya. Kebijaksanaan ini juga didukung dengan kenyataan bahwa dari 88.000 jembatan yang ada di Indonesia hampir sebagian besar melintasi sungai kecil. Mengingat kondisi tersebut menunjukan bahwa kebijaksanaan pembangunan jembatan antar desa harus lebih diprioritaskan untuk mempercepat program pembangunan Nasional dalam rangka pengentasan kemiskinan yang salah satu permasalahannya terletak pada sarana dan prasarana termasuk di dalamnya jalan dan jembatan.
Para pemerhati Jembatan Indonesia yang terdiri dari Kalangan Pemerintahan, Akademis, Perencana, Pengawas, Pelaksana, Pabrikasi, dan Supplier turut terlibat dan bertanggung jawab atas pembangunan jembatan yang efektif dan efisien. Sehingga system jaringan jalan dan jembatan yang mantap sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi dapat dicapai.
Memperhatikan kondisi saat ini dan tantangan pembangunan dan rehabilitasi jembatan Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati maka perlu kiranya semua pihak ikut menyikapi dan menindak lanjuti guna perbaikan ataupun rehabilitasi juga pembangunan jembatan baru demi tercapainya perputaran roda ekonomi yang kita semua inginkan.
II. KONDISI OBJEKTIF MASYARAKAT

Keadaan  perekonomian  masyarakat Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan  keberadaan  Jembatan adalah  sebagai penghubung antar desa dan juga sarana transportasi untuk pengangkutan hasil pertanian sehingga warga tidak perlu lagi memutar mencari jalan yang cukup jauh. Jembatan ini juga berfungsi untuk memperlancar akses menuju pusat pelayanan pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi karena jembatan ini sebagai fasilitas sarana dan prasarana penunjang perekonomian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk meningkatakan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

III. TUJUAN 
Pembangunan Jembatan di Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati ini bertujuan:
1.  Memperlancar jalur perekonomian masyarakat.
2.  Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat
3.  Meningkatkan kesatuan dan persatuan


IV. TARGET
Terlaksananya  Proyek Pembangunan Jembatan di Desa Srikaton ini sesuai  dengan
rencana, jadwal dan dana yang tersedia.

V.  TEKNIS PERBAIKAN / PEMELIHARAAN JALAN
Adapun teknis pembangunan/ penataan adalah sebagai berikut :
1.   Lokasi
Lokasi jembatan yang akan dibangun  berlokasi  di  Desa Srikaton Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati
2.   Rencana Konstruksi
Rencana panjang jembatan adalah 70 meter dengan lebar 4 meter. Konstruksi jembatan direncanakan menggunakan beton bertulang dengan pondasi dua pondasi abutmen dan satu pilar jembatan (gambar terlampir)

VI.  PENUTUP
Demikianlah projek proposal ini kami sampaikan, sebagai kerangka acuan bagi  terselenggaranya  Pembangunan Jembatan Desa Srikaton Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati
Akhirnya  atas segala perhatian,  partisipasi  dan  kerja  sama  yang  baik dari  semua pihak serta instansi terkait, kami ucapkan banyak terima kasih.


Demikian Contoh Proposal Pembangunan Jembatan Desa, semoga bermanfaat.
Advertisement