Peluang dan Resiko Usaha - Kewirausahaan

Peluang dan Resiko Usaha - Kewirausahaan
Peluang dan Resiko Usaha - Kewirausahaan

Seseorang akan membuka usaha baru perlu terlebih dahulu melakukan observasi lapangan dan banyak bertanya bagaimana seluk beluk bisnis dalam bidang tertentu. Sebagai orang yang kreatif, calon wirausahawan akan mampu melihat banyak peluang usaha yang diciptakan. Secara garis besar ada 5 jenis lapangan usaha yang bisa digeluti, yaitu bidang agraris, perdagangan, pertambangan, industri, dan jasa. Apabila kelima jenis lapangan usaha itu ter diperinci, maka akan muncul berbagai peluang usaha yang luar biasa banyaknya.

1. Peluang usaha
Jika diidentifikasi sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan. Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis yang ada bisa dicari, saja wirausahawan itu bekerja keras ulet dan percaya kepada kemampuan diri sendiri. Setiap wirausahawan sebenarnya mempunyai peluang untuk maju. Ada kalanya peluang usaha atau bisnis tersebut tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan. Apa sebabnya? Peluang usaha atau bisnis itu tidak digali atau dimanfaatkan dengan baik. Untuk menggali dan Memanfaatkan peluang usaha atau bisnis seorang wirausahawan Harus berpikir secara positif dan kreatif diantaranya:
  1. Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan
  2. Harus menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis
  3. Harus bertanya kepada diri sendiri
  4. Dengarkan saran-saran orang lain
  5. Harus mempunyai etos kerja yang tinggi
  6. Pandai berkomunikasi

Peluang usaha bukanlah peluang jika kita tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya. Dengan mempelajari dinamika kehidupan masyarakat wirausahawan harus menciptakan kesempatan kira-kira usaha atau bisnis apa yang paling tepat.

Dengan Tersedianya informasi internal dan eksternal maka wirausahawan dapat mengetahui:
  1. Dimana ada peluang
  2. Apa saja yang akan mengancam usaha Adakah kekuatan yang dapat mendukung usaha untuk mencapai sasaran
  3. Apakah kelemahan yang membatasi atau menghambat kemampuan mencapai sasaran
Persyaratan pokok dalam memanfaatkan peluang usaha pada masa depan ialah berpikir positif optimisme bersedia bekerja keras dan mau mendengarkan orang lain mengakui kesalahan dan mau percaya bahwa pada hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Resep Dr. D. J. Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan Hapuskan kata mustahil tak mungkin tak bisa atau tidak perlu dicoba dari Khazanah pikiran dan Hasanah bicara.
  2. Janganlah hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan Lihatlah pulang-pulang usaha untuk menjadi besar tradisi lain yang kurang menunjang pulang-pulang usaha adalah etos kerja yang rendah dan terlalu santai.
  3. Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik
  4. Bertanya dan dengarkanlah dengan bertanya dan mendengarkan maka wirausahawan akan mendapat Bahan baku untuk mengambil keputusan yang tepat ingat orang besar memonopoli kegiatan mendengar sedangkan orang kecil memonopoli bicara
  5. Terluas pikiranmu bersemangatlah bergaulah dengan orang-orang yang bisa membuatmu mendapat gagasan gagasan peluang usah.

Dalam memanfaatkan peluang usaha Paul charlap mengemukakan sebuah rumusan yang mencakup empat unsur yang harus dimiliki seorang wirausahawan agar mencapai sukses dalam pekerjaannya yaitu :Kerja keras kerja cerdas kegairahan dan pelayanan

Bagi wirausahawan pengenalan diri merupakan modal awal untuk dapat mengenali lingkungannya mengindra peluang usaha dan mengerahkan sumber daya guna meraih peluang usaha tersebut dalam batas Resiko yang tertanggungkan

Untuk menikmati nilai tambah seorang wirausahawan perlu memiliki pengetahuan yang cukup untuk dapat mengarahkan dirinya guna memperoleh peluang usaha menyusun konsep usaha merencanakan masuk pasar beroperasi dan mengembangkan diri pada prinsipnya pengetahuan tersebut dapat diperoleh dari berbagai narasumber maupun secara empiris dengan mengindra kenyataan namun sangat diperlukan teknik-teknik tertentu supaya berhasil mengumpulkan informasi secara efisien dan efektif.

2. Resiko usaha

Setiap usaha yang dilakukan pasti mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan. Dari keuntungan itu diharapkan dapat digunakan untuk mensejahterakan diri sendiri maupun orang lain yang terlibat namun banyak Resiko yang harus dihadapi beberapa resiko usaha yang mungkin terjadi antara lain sebagai berikut:
  1. Perubahan permintaan perubahan ekonomi perubahan mode dan perubahan selera konsumen bisa mengakibatkan terjadinya penurunan permintaan kalau hal itu terjadi otomatis akan menyebabkan kerugian
  2. Perubahan konjungtur perubahan kondisi ekonomi yang tidak menentu sehingga mempengaruhi keadaan usaha
  3. Persaingan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dari waktu ke waktu persaingan usaha semakin ketat persaingan adalah mereka yang melakukan usaha sejenis dengan usaha kita persaingan dapat mengakibatkan usaha kita mengalami hambatan kerugian bahkan kehancuran Untuk itu kita harus mempunyai kemampuan untuk bisa bertahan diantaranya dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas baik produk maupun pelayanan.
  4. Akibat lain yang merupakan resiko usaha seperti perubahan teknologi perubahan peraturan bencana alam dan sebagainya
Resiko usaha yang tidak untuk ditakuti atau dicemaskan secara berkepanjangan sehingga akan memperlambat kemajuan usaha resiko usaha perlu dikenali untuk selanjutnya diantisipasi dengan baik. Persiapan dan membuat perhitungan yang matang akan mengurangi resiko usaha yang berkaitan pada kerugian usaha.


Advertisement